18 Juli 2009

SMK 4 Tahun

Masa belajar siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) akan diperpanjang menjadi 4 tahun yaitu 3 tahun belajar di bangku sekolah dan 1 tahun magang di industri atau di namai Program 3 + 1. Penambahan masa studi 1 tahun tentunya akan menambah kemampuan ketrampilan siswa, terutama setelah melalui magang di industri. Harapannya lulusan SMK akan diterima langsung di bursa tenaga kerja.

Menurut Direktur Pembinaan SMK Depdiknas, Joko Sutrisno, program itu diperuntukkan bagi siswa SMK yang telah mengikuti ujian nasional (UN). Jadi siswa kelas XII atau kelas 3 lebih fokus untuk menghadapi Ujian Nasional.

Program tersebut untuk memperdalam keterampilan siswa SMK langsung di industri. Selain itu, agar siswa SMK mampu menghasilkan peralatan yang bisa memenuhi kebutuhan siswa sendiri. Serta, mendorong pemerintah untuk membeli peralatan-peralatan yang dihasilkan oleh siswa-siswa SMK.

TUJUAN PROGRAM 3+1
* Untuk memperdalam keterampilan siswa SMK langsung di industri.
* Agar siswa SMK mampu menghasilkan peralatan yang bisa memenuhi kebutuhan siswa sendiri.
* Mendorong pemerintah untuk membeli peralatan-peralatan yang dihasilkan oleh siswa SMK.

Jika program tersebut benar-benar dilaksanakan, yang perlu dipikirkan adalah :
  1. Menyiapkan industri-industri yang akan menampung siswa SMK pasca Ujian Nasional.
  2. Mencarikan sponsor agar siswa yang magang di industri tidak terbebani oleh biaya magang dan biaya akomodasi selama magang.
  3. Menyiapkan mental anak-anak untuk bekal magang di industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar