21 Agustus 2008

Rencana Induk Pengembangan Sekolah

A. Dasar Pemikiran

Pasal 3 Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa fungsi dan tujuan Pendidikan Nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Road Map Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan 2006-2010 ditetapkan program-program pembangunan dan pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan secara bertahap dan berkesinambungan, dengan prioritas pembinaan dan pengembangan diarahkan pada :

1. Perluasan dan Pemerataan Akses SMK dengan membangun sekolah baru, penambahan ruang kelas baru, rehab bangunan, dan meningkatkan daya tampung yang sudah ada melalui pendekatan pengelolaan yang lebih efektif dan efisien;

2. Meningkatkan Mutu, Relevansi, dan daya saing SMK dengan mengembangkan sejumlah SMK SBI, SMK SSN, revitalisasi peralatan, dan pengadaan sarana prasarana pembelajaran lainnya;

3. Meningkatkan Manajemen SMK dengan menerapkan Prinsip Good Governance yang mengacu ISO 9001:2000.

SMK Negeri 1 Geger merupakan sekolah baru yang didirikan tahun 2004 dengan membuka tiga Program Keahlian yaitu Program Keahlian Akuntansi, Administrasi Perkantoran dan Teknik Komputer Jaringan. Pendirian sekolah ini dimaksudkan untuk menyambut program Pimbinaan Sekolah Menengah Kejuruan tentang perluasan dan pemerataan akses SMK. Perjalanan SMK Negeri Geger dari tahun ke tahun semakin berkembang dan banyak memperoleh apresiasi positif dari masyarakat Kab. Madiun bagian selatan yang sangat mendambakan kehadiran sekolah kejuruan negeri.

Arah pengembangan kebijakan SMK Negeri 1 Geger tentunya tidak terlepas dari arah kebijakan pembangunan pendidikan nasional yang tertuang dalam program-program direktorat pembinaan sekolah menengah kejuruan. Disamping itu dengan adanya Undang-Undang No. 32/2004 tentang Otonomi Daerah, maka pengembangan SMK Negeri 1 Geger juga bertumpu pada program pembangunan Pemerintah Kabupaten Madiun.

Skala priotitas dalam pengembangan SMK Negeri 1 Geger Tahun 2008 – 2012 adalah sebagai berikut :

1. Peningkatan Sarana dan Prasarana Pembelajaran.

2. Peningkatan jumlah dan mutu guru

3. Peningkatan kualitas lingkungan sekolah

4. Peningkatan jumlah dan mutu siswa

5. Pemasaran lulusan

Kelima program yang masuk skala prioritas akan dituangkan ke dalam Program Kerja Sekolah (PKS) dan akan dilaksanakan dan direalisasikan secara bertahap setiap tahun.

Rencana Induk Pengembangan Sekolah (RIPS) SMK Negeri 1 Geger digali dan dikembangkan dari semua unsur yang ada di sekolah, sehingga perencanaan ini merupakan pencerminan kemauan dan kebutuhan dari semua warga sekolah.

B. Misi dan Tujuan SMK

Sebagai sub sistem Pendidikan Nasional, Sekolah Menengah Kejuruan mempunyai misi menyiapkan siswa menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang trampil, produktif dan mandiri, mengisi lapangan kerja dalam upaya mempercepat dan memperkokoh pertumbuhan ekonomi dalam kerangka pembangunan nasional.

Tujuan SMK menurut pasal 3 ayat 2 PP No. 29/1990 dan KepMendikbud No. 080/U/1993 yaitu :

1. Menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta pengembangan sikap profesionalisme.

2. Menyiapkan siswa agar mampu memilih karir, mampu berkomunikasi dan mampu mengembangkan diri.

3. Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia kerja/industri pada saat ini maupun masa datang.

4. Menyiapkan tamatan agar menjadi warga negara yang produktif, adaptif dan kreatif.

C. Visi, Misi, Nilai-Nilai dan Tujuan SMK Negeri 1 Geger

VISI

" TERWUJUDNYA SMK NEGERI 1 GEGER YANG UNGGUL DALAM IMTAQ DAN IPTEK, TRAMPIL DALAM BERKARYA DAN MAMPU BERSAING DIPASAR KERJA GLOBAL "

MISI

a. Mengembangkan kepribadian akhlak mulia dengan melatih, membimbing, dan mendidik siswa dalam rangka penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

b. Membina dan mengembangkan potensi peserta didik, sehingga mampu menggali keunggulan lokal peserta didik ( Local Value )

c. Membina dan meningkatkan tenaga kependidikan yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

d. Menjadikan sarana belajar yang memadai untuk mencapai bembelajaran yang maksimal.

e. Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif nyaman dan menyenangkan bagi warga sekolah dalam mendukung proses pembelajaran.

f. Menjalin kerjasama untuk meningkatkan kualiatas peran sekolah di masyarakat.

NILAI-NILAI (CORE VALUE)

Nilai-nilai yang harus dipedomani dan dijadikan acuan dalam bertindak :

a. Etika Moral, Seluruh warga sekolah dalam bersikap, bertindak, dan berprilaku, mengindahkan 5 (lima) S . Yakni : Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun.

b. Exelence, Setiap warga sekolah menghendaki menjadi yang terbaik.

c. Kejujuran, Setiap warga sekolah berupaya untuk jujur pada diri sendiri, dan atau pada orang lain.

d. Bersama, Seluruh warga sekolah bersama-sama untuk meraih hasil yang diharapkan bersama

e. Kebersamaan, Menentukan tujuan bersama, memecahkan masalah bersama, membagi dan menyelesaikan tugas bersama, mencapai hasil dan menikmatinya bersama.

f. Tanggung Jawab, Semua warga sekolah harus melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

g. Transparansi, yakni adanya keterbukaan dalam pengambilan keputusan (kebijakan) dan hubungan antar sesama warga sekolah.

h. Winning Spirit, yakni adanya dorongan kemauan untuk menjadi pemenang dalam persaingan.

i. Winning for Job, yaitu menjadi pemenang dalam persaingan memperebutkan pekerjaan.

j. Kerja Keras, yakni setiap proses meraih tujuan dijiwali dengan usaha maksimal, dan persoalan hasil tidaknya diserahkan pada Yang Maha Kuasa.

TUJUAN SMK NEGERI 1 GEGER

a. Meningkatkan Organisasi dan Manajemen Sekolah Yang Baik

b. Meningkatkan Sumber Daya Sekolah

c. Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Sekolah

d. Meningkatkan Iklim Kerja Sekolah

e. Meningkatkan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat Dengan Biaya Yang Wajar

f. Meningkatkan Kualitas Pengendalian Sekolah

g. Meningkatkan Kewirausahaan Sekolah Melalui Unit Produksi Sekolah

h. Meningkatkan Daya Serap Tamatan Ke Du/Di Melalui Jaringan Kerja Sama Dan Bursa Kerja Sekolah

i. Meningkatkan Penguasaan Berkomunikasi Dengan Menggunakan Bahasa Asing (Inggris)

j. Meningkatkan Prestasi Ujian Nasional

k. Meningkatkan Prestasi Lomba Promosi Kompetensi Siswa

l. Meningkatkan Pembinaan Bakat Siswa Lewat Ekstra Kurikuler

m. Meningkatkan Akuntabilitas Kinerja Sekolah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar